Cara Mengatasi Hp Android Yang Terkena Virus

Cara Mengatasi Hp Android Yang Terkena Virus – Hai sobat, berjumpa lagi dengan Rdemotivational yang akan berbagi pengetahuan kepada kalian semua. Bukan maksud menggurui, hanya saja kalau kita memiliki pengetahuan atau ilmu seyogyanya dibagi-bagi ke orang lain, ya. Jangan dipendam sendiri walaupun yang kamu tahu itu sedikit tapi setidaknya bermanfaat orang lain. Beda lagi kalau kalian tidak memiliki ilmu tapi merasa memiliki ilmu yang banyak dan berkoar-koar ke semua orang, nah itu salah kaprah namanya. Oke, lanjuuuutt.

Pernah suatu ketika saat lagi chattingan dan mendownload, tiba-tiba muncul pemberitahuan ponsel terkena virus yang cukup membahayakan, jika dilanjutkan untuk proses mendownload, maka akan membahayakan perfoma hp. Pasti rasa kecewa akan muncul, apalagi yang baru didownload adalah film korea diepisode terbaru. Wah, pasti hati merasa gunda-gelisah ya. Bener deh, disitu rasanya pasti kalian pengen loncat, terus teriak ke actor koreanya terus bilang – kamu ganteng banget- hahahha. Ya sebel dong pastinya, tidak biasanya ponsel terkena virus kayak gitu. Atau mungkin kalian memencet link yang salah. Daripada bingung-bingung, yuk kenali dulu penyebab hp android kita terkena virus. Ayo, simak ulasan berikut:

Penyebab Hp Android Terkena Virus

1. Baterai boros
2. Performa android menjadi lambat
3. Kuota internet cepat habis
4. Sering muncul iklan pop-up
5. Munculnya redirect malware
6. Android tiba-tiba mati

Gimana nih sobat?, ada yang pernah ngalamin? Kalau hp android kalian pernah mengalami seperti di atas, kalian wajib waspada nih. Lalu bagaimana cara mengatasi virus yang sudah menyebar di android? Jangan bingung, yuk simak ulasan berikut:

Cara Mengatasi Hp Android Yang Terkena Virus

1. Masuk ke safe mode

Dengan masuk ke safe mode, hp kalian bisa beroperasi lebih ringan karena hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa sistem. Saat kalian berada di safe mode, semua aplikasi yang diinstal akan hilang, tapi tenang hal itu hanya terjadi saat itu juga dan akan kembali setelah kalian keluar dari safe mode. Cara masuk ke safe mode yaitu dengan menekan tombol power dan volume secara bersamaan ketika proses booting.

2. Cek aplikasi di safe mode

Caranya dengan masuk ke menu pengaturan kemudian klik Apps dan Tab downloaded. Semua aplikasi akan terdeteksi dan aplikasi yang budakn bawaan ponsel tidak akan muncul. Tapi karena ponsel terkena virus, maka sistem akan memunculkan aplikasi pihak ketiga yang belum pernah didownload sebelumnya pada fitur safe mode ini.

3. Install antivirus

Kalau sudah terkena virus, kalian harus cepat-cepat menginstal antivirus. Proses awal dari instal virus ini, biasanya discanning terlebih dahulu. dimana dalam proses scanning akan memunculkan file-file yang terkena virus. Setelah itu kalian melakukan proses pembersihan pada file tersebut.

4. Hapus aplikasi yang mencurigakan

Pernah tidak ponsel kalian tiba-tiba mendownload aplikasi yang tidak kalian ketahui? Nah, itu juga salah satu tanda kalau ponsel kalian terkena virus. Untuk itu, kalian harus segera menghapus aplikasi yang mencurigakan. Bila aplikasi itu dibiarkan, justru hal itu akan mengganggu sistem operasional android kalian.

5. Batasi mendownload aplikasi

Kadang kalau ada aplikasi terbaru, kita selalu gatal ingin segera mendownload. Eits, nanti dulu, kalian harus membatasi dalam mendownload aplikasi yang tidak penting. Kalian harus teliti saat mendownload, bisa jadi aplikasi yang kalian download adalah aplikasi bajakan. Bukannya ponsel sembuh dari virus, eh,  malah nambah virus lagi. Cape deh. Untuk itu kalian harus berhati-hati dan membatasi untuk mendownload hal-hal yang tidak penting.

6. Menghilangkan hak akses administrator

Kalau aplikasi yang mencurigakan sudah kalian uninstall, maka harus melalui akses administrator. Caranya yaitu pertama kalian masuk ke menu setting dan carilah aplikasi yang mencurigakan di application setting, kemudian masuk kembali ke menu setting dengan klik security dan pilih device administrator, setelah itu hilangkan simbol centang administrator untuk menghilangkan akses administratornya, terakhir kalian cek kembali aplikasi yang mencurigakan dan melakukan uninstall.

7. Keluar dari safe mode

Apabila kalian sudah melakukan semua prosedur untuk menghilangkan virus dan virusnya sudah bisa diuninstal, maka kalian bisa keluar dari safe mode. Caranya yaitu dengan merestrat ulang ponsel kalian seperti biasa dan tunggu sampai ponsel kalian kembali normal seperti biasa.

Nah, seperti itulah cara mengatasi hp android yang terkena virus. Kalau kalian takut untuk melakukan cara di atas, kalian bisa pergi ke orang yang memang ahli di bidang IT. Oke, semoga bermanfaat.

admin Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *