5 Cara Mengatasi Hp Lemot Agar Ngebut dan Normal Kembali

5 Cara Mengatasi Hp Lemot Agar Ngebut dan Normal Kembali – Rutinitas bersama ponsel memang tidak bisa ditinggalkan. Sudah menjadi kebutuhan yang harus disadari, tentang kemanfaatan ponsel yang semakin hari menjadi berkembang dan maju. Namun tanpa disadari, ponsel pun memiliki waktu yang tak begitu panjang, setelah lama digunakan, biasanya menimbulkan koneksi yang lama, atau yang sering dikenal oleh kaum milenial dengan istilah “lemot”.

Pasti Anda sudah pernah mengalami atau pernah menjumpai ponsel milik teman atau saudara yang koneksinya lambat. Entah saat membuka aplikasi, akan main game online, dan membuka foto di galeri membutuhkan waktu lama (menunggu waktu loading).

Kejadian tersebut menimbulkan rasa kesal dan merasa tidak sabar untuk segera membuka atau malah mengembalikannya karena waktu loading yang begitu lama. Disaat seperti itu, Anda wajib tenang. Karena tidak hanya Anda yang akan mengalami hal tersebut. Semua orang yang sudah pernah merasakan kejadian seperti itu, tentunya akar permasalahannya bertumpu pada ponsel sendiri.

Sebagai barang elektronik, tentunya memiliki kekurangan yang berada pada perangkat kerasnya (hardware) dan perangkat lunaknya (Software). Anda bisa melihat dengan sendiri, ketika yang rusak atau kurang baik adalah perangkat kerasnya, maka hanya bisa diganti dengan yang baru. Kerusakan ini biasanya terjadi karena ponsel terkena air, kepanasan, atau pernah jatuh yang mengakibatkan ponsel tidak normal.

Sedangkan jika yang rusah melalui perangkat lunaknya atau software, maka bisa diperbaiki dengan cara yang berbeda-beda. Bisa diselesaikan sesuai dengan kekurangan apa yang sedang terjadi pada ponsel. Sebagian yang bisa diketahui kerusakan melalui perangkat lunaknya karena software pada sistem yang sudah tidak bisa bekerja dengan maksimal (usang), memori pada ponsel yang Anda punya memiliki kapasitas yang kurang memadai dan hampir penuh, dan sebab lainnya.

Untuk kerusakan pada perangkat lunaknya bisa Anda benahi sendiri, tanpa harus mondar-mandir pergi ke dukun ponsel (konter). Cukup membaca dengan runtut dan benar sesuai dengan cara yang akan dijelaskan.

5 Cara Mengatasi Hp Lemot Agar Ngebut dan Normal Kembali

1. Kapasitas Memori

Tanpa disadari, penggunaan yang berlebih pada ponsel akan mempengaruhi kapasitas memori yang telah disediakan. Walaupun memori yang disediakan ponsel itu memiliki memori berkapasitas jumbo atau kecil, jika tidak dijaga ambang batas memori atau hampir penuh, maka akan mempengaruhi kinerja dari ponsel itu sendiri.

Yang harus Anda lakukan adalah, memilah data-data yang sudah tidak digunakan lagi atau data yang memiliki sifat tidak terlalu penting. Jika sudah memilahnya bisa dibersihkan dari memori ponsel (delet). Namun jika data itu penting dan memiliki kapasitas yang besar, bisa dipindahkan ke perangkat lain yang lebih bisa menampung data tersebut, bisa melalui flasdisk dan bisa dipindahkan ke perangkat komputer yang memiliki kapasitas memori lebih besar. Menumpuknya data yang sudah tidak digunakan, hanya akan menambahkan beban dari sistem ponsel itu sendiri.

Lebih bijaknya Anda untuk melihat dengan rajin dan membersihkan data cache yang telah tersimpan dalam memori ponsel. Apalagi dengan kapasitas memori internal yang begitu kecil, akan menurunkan performa dari ponsel yang dimiliki. Langkah tersebut bisa mengembalikan performa dari sistem ponsel yang awalnya lemot, bisa lebih lancar dan cepat ketika data penyimpanan di memori internal ringan.

2. Aplikasi yang Menggunung

Memiliki aplikasi yang begitu banyak memang sangat menyenangkan. Setiap hari kebutuhan Anda selalu terpenuhi dengan aplikasi pendukung yang bisa membuat mata betah untuk mengotak-atik ponsel. Banyaknya aplikasi juga mempengaruhi performa dari ponsen itu sendiri. Tanpa disadari, ternyata banyak aplikasi yang sudah terinstal di ponsel Anda. Semakin banyaknya aplikasi yang digunakan, maka akan menyebabkan penyimpanan dalam ponsel Anda menjadi semakin penuh.

Kapasitas RAM bisa terkuras banyak dengan adanya aplikasi yang begitu banyak di ponsel Anda, pasti banyak memakan ruang. Ini dapat terjadi karena aplikasi yang sudah terinstal di perangkat dan sistem operasi dapat berjalan di belakang layar tanpa Anda sadari sendiri. Pasti kejadian ini tidak menimpa Anda saat ini, banyak pengguna polsel yang sudah tidak menghiraukan akan banyaknya aplikasi, namun tidak melihat volume dari RAM yang ada di ponsel masing-masing.

Namun Anda jangan khawatir, permasalah ini mudah kok untuk diatas. Anda dapat memilah, menyortir atau menyaring aplikasi-aplikasi yang dirasa kurang dibutuhkan untuk segera meng-uninstal-nya. Mungkin sangat pahit penjelasan tersebut, demi nyamannya kinerja ponsel, hanya beberapa aplikasi penting dan banyak kegunaannya yang Anda gunakan. Jangan menggunakan aplikasi yang sama penggunaanya dengan aplikasi yang ada miliki.

3. Memperbarui Aplikasi dan Sistem

Anda tentu pernah mendapatkan informasi untuk segera memperbarui aplikasi yang baru. Perintah ini sebenarnya ada benarnya, dengan menggunakna aplikasi diperbarui, tentunya akan meningkatkan performa dari aplikasi yang ada di dalam ponsel. Tentunya harus diimbangi dengan sintem yang baru yang sudah tidak usang lagi. Perlu diketahui bersama, penggunaan aplikasi yang baru pada sistem yang baru akan berjalan baik bagi performa ponsel.

Anda harus sering memeriksa ketersedian software yang baru untuk dipasangkan dalam ponsel. Anda juga perlu mengganti aplikasi yang sudah lama ke aplikasi yang memiliki versi baru yang biasanya sudah menyediakan perbaikan bug yang ada di dalamnya.

Aplikasi yang memiliki versi baru, biasanya akan lebih ringan dan dapat menjaga dari performa ponsel sendiri. Sehingga tidak takut lemot untuk membuka aplikasi yang sudah ada di dalam ponsel Anda.

4. Instal Ulang

Anda harus sabar memang, ketika menghadapi performa ponsel yang begitu berat atau lemot, harus senantiasa melakukan cara-cara di atas. Mungkin karena Anda kurang maksimal dengan langkah yang ditawarkan di atas, bisa memilih untuk menginstal ulang software ponsel. Langkah tersebut dapat menyelesaikan beberapa permasalahan yang berhubungan dengan poin 1,2, dan 3.

5. Siapkan Anti Virus

Permasalahan performa ponsel ketika sudah diobati, Anda juga harus menguatkannya dengan anti virus yang tepat untuk ponsel Anda. Mengapa demikian? mengunakan antivirus pada ponsel akan memberikan keamanan untuk sistem dan aplikasi yang sudah normal.Virus merupakan musuh nyata bagi pengguna perangkat dengan sistem di dalamnya. walaupun tidak secara langsung, virus pun lambat laut akan mengakibatkan penurunan performa bagi ponsel yang telah digunakan dengan normal.

Analogi yang mudah, ketika badan Anda sakit, Anda akan menyembuhkannya dan menyiapkan anti virus yang baik untuk menguatkan tubuh Anda. Begiu juga dengan ponsel yang senantiasa Anda gunakan. Sehingga mampu mengobati sambil menguatkan kembali, agar kejadian ponsel memiliki kerja yang lambat atau lemot tidak terjadi kembali. Semoga artikel mengenai 5 Cara Mengatasi Hp Lemot Agar Ngebut dan Normal Kembali dapat bermanfaat bagi Anda. Rdemotivational mengucapkan terima kasih.

admin Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *