5 Cara Mengatasi Hp Android Sering LAG, Eror, dan Macet

5 Cara Mengatasi Hp Android Sering LAG, Eror dan Macet – Istilah LAG tentnya sering terdengar ditelinga Anda, “Hp saya kok malah ngelag terus, Hp kamu kok ngelag lama”. Hayoo, siapa yang pernah mendapatkan permasalahan seperi itu. Perlu diketahui bersama, istilah LAG atau yang lebih gampang disebut macet sekali saat menjalankan aplikasi, tak hanya aplikasi kawan, juga saat main game pun bisa bermasalah.

Tentunya saat terjadi LAG pada smartphone menjadi kegalauaan yang sangat mendalam. Hampir putus asa untuk segera membanting-banting atau malah mematikan langsung smartphonenya. Anda tidak perlu begitu, kejadian tersebut masih bisa diatasi dengan mudah kok. Tak perlu kabur untuk berkunjung kerumah saudara untuk menanganinya atau malah pergi ke dukun konter.

Untuk lebih mendalam mengetahui penyebab dari smartphone Anda yang sering nge-LAG, perlu membaca sampai tuntas artikel yang akan diulas. Baca secara teliti agar penyebab yang begitu mendasar bisa diketahui secara pasti dan tidak salah.

Tentunya masalah LAG Android tak hanya satu penyebabnya. Banyaknya komponen yang ada di dalam smartphone Anda, tentunya banyak faktor yang membuat LAG pada Android yang sedang Anda pegang. Untuk itu, inilah penyebab yang paling berpengaruh,

Inilah Penyebab dan Cara mengatasi Smartphone Android Sering Lag, Eror dan Macet

1.Banyak Aplikasi yang Aktif

Berapa jumlah aplikasi di smartphone Anda? tentu sangat banyakkan. Nah, itulah yang sering membuat lag pada android Anda. Saat sedang membuka aplikasi maka akan sistem yang ada akan mempengaruhi RAM pada Smarphone Anda. Apalagi jika hanya memiliki RAM yang berkapasitas dibawah 1 Giga atau 500MB saja, pasti akan terasa penggunaanya.

Cara mudah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Smartphone yang Anda miliki tinggal dikurangi aplikasi dan game yang sudah ter-instal pada smartphone Anda sendiri. Pilihlah mana yang paling Anda butuhkan, ketika sudah dipilih, lakukan saja langsung di smartphone yang ada miliki, lalu pilih menu Pengaturan – aplikasi – semua, nanti akan muncul beberapa aplikasi yang menurut Anda sudah tidak diperlukan dan tidak terlalu penting kemudian dihapus. Jangan lupa untuk melakukan uninstal untuk menghilangkan aplikasi.

2. Cache yang Berlebihan

Pernahkan Anda memeriksa cache yang di dalam smartphone Anda? semoga saja Anda sering membukanya, karena itu penting untuk Anda ketahui. Cache atau file sampah dalam smartphone akan terus bertambah dan menumpuk saat Anda tengah membuka dan menjalankan aplikasi tertentu dalam smartphone Anda, entah itu sosial media, game android bahkan messenger.

Anda tidak perlu khawatir, cara mengatasinya mudah banget. Anda hanya perlu mengahpus semua cache yang ada dalam memori internal Anda. Tenang saja, cache ini hanya file sementara dan memang harus dihapus. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk kehilangan aplikasi atau data penting lainnya. Perlu Anda teliti dan wajib dicoba langkah tersebut.

3. Tema dan wallpaper animasi

Seru pastinya ketika memiliki smartphone yang terpasang wallpaper animasi, gambar yang ada di dalam layar bisa bergerak-gerak, lucu, keren atau seperti ada air yang mengalir di dalamnya. Pasti sangat senang dan bahagia memilikinya, ya. Lalu, apakah ada penyebabnya? Tentu saja ada, ini pun menjadi poin penting yang harus dicermati. Tak semua tema dan wallpaper memiliki file yang kecil, apalagi yang bersifat animasi tersebut. Pasti smartphone Anda akan merasakan LAG sesekali. Mengapa demikian? Wallpaper animasi memakan banyak ruang di dalam meori internal. Akan lebih terasa ketika membuka aplikasi yang sedang Anda inginkan, pasti akan sangat terasa.

Mendengar penjelasan tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Bisa diatasi kok permasalahan tersebut. Gunakanlah tema yang tidak menimbulkan animasi atau lebih tepatnya memakai yang biasa saja. Sedangkan untuk tema atau pun wallpaper yang sudah ada instal di smartphone Anda, lebih baik dihapus saja. Ini demi kenyamanan Anda dalam membuka aplikasi yang lebih Anda butuhkan. Ada kebijakan lain yang bisa menggunakan wallpaper animasi, yaitu untuk smartphone yang memiliki kapasitas RAM di atas 1 Giga.

4. Root Kurang Maksimal

Mungkin Anda sudah mengetahui tentang root, ya. Nah, gejala smartphone yang sering mengalami lag dan parahnya pernah mati, biasanya karena kendala saat di-root. Dimana kesalahannya? biasanya kegagalan saat root atau berhenti di tengah jalan. Kejadian ini akan mengakibatkan sistem android di smartphone Anda sering mengalami eror.

Menangani permasalah ini sangatlah mudah, Anda harus mengganti atau memperbarui OS Android yang ada di smartphone Anda. Cara mudah kok, Anda tinggal update OS Android terbaru yang cocok dengan smartphone Anda sendiri. Tujuannya agar smartphone anda terhindar dari kerusakan dan sering eror ketika digunakan. Dijamun ampuh untuk menghilangkannya eror. Selain itu Anda akan mendapatkan fitur-fitur yang baru selama update berlangsung dengan lancar dan berhasil.

5. Virus Menjangkit Sistem
Seperti manusia, ketika manusia sedang terinveksi virus, maka tubuhnya akan mengalami penurunan daya tahan tubuh dan mudah sakit. Begitu juga dengan smartphone Anda yang sering lag dan eror, berarti sudah terkena virus pada aplikasi dan sistemnya. Kejadian ini tidak bisa dibiarkan, karena akan mengganggu performa dari smartphone Anda sendiri.

Tenang saja, Anda tidak perlu panik dan khawatir. Anda harus sesegera mungkin untuk menambahkan anti virus dalam smartphone Anda. Erornya aplikasi dan sistem Android Anda disebabkan karena virus yang ada sudah lama melekat dan merusak semua sistem yang ada. Silahkan ada bisa menambahkan anti virus yang menurut ada cocok untuk smartphone Anda sendiri, seperti CM Security dan AVG Antivirus security.

Ketika semua permasalhan di atas semua sudah diketahui dan dilaksanakan, namun masih ada lag, eror, dan macet. Maka Anda wajib melakukan lankah terakhir ini, langkah ini termasuk langkah pamungkas dan jalan terakhir yang gratis dan mudah Anda lakukan.

Anda harus melakukan Faktory Reset atau menyetel ulang smartphone kemode awal pabrik. Sehingga semua sistem akan kembali awal dan semula. Tentu langkah ini harus dilakukan dengan runtut dan tepat, jangan sampai semua aplikasi dan data penting hilang karena melakukan reset ulang.

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah membackup semua data cd card atau komputer. Lanjutkan lankah untuk masuk pada, pengaturan – Buat Jadangan dan setel ulang – kembalikan ke setelan pabrik, setelah itu Anda baru bisa setel ulang telepon. Ketika sudah kembali normal, kelima cara diatas harus diperhatikan saksama dan jangan disepelekan, atau tidak smartphone Anda akan mengalami lag, eror, dan macet kembali. Semoga artikel 5 Cara Mengatasi Hp Android Sering LAG, Eror dan Macet ini, dapat membantu Anda untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Terima kasih.

admin Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *