Cara Mengatasi Touchscreen Android Eror dan Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Touchscreen Android Eror dan Bergerak Sendiri – Permasalahan mengenai erornya tochscreen atau lebih dikenal dengan layar sentuh, memang perlu mendapatkan penanganan yang khusus. Sebagai komponen utama dalam smartphone, tentunya layar sentuh memiliki fungsi yang begitu penting. Anda pasti tahu sendiri mengenai fungsi layar sentuh, yaitu sebagai tampilan dari smartphone itu sendiri. Seandainya eror, sudah pasti mengganggu penggunaan yang ada.

Anda tidak perlu khawatir mengenai permasalahan tersebut, perlu mengetahui secara jelas dan jeli, karena permasalahan erornya layar sentuh mampu mempengaruhi semuanya. Sebagai komponen yang terlihat, layar sentuh rentan untuk rusak fisik atau sistemnya. Ini dikarenakan ada dua lapisan yang terdapat dalam layar, lapisan luar sebagai pelindung dan lapisan dalam sebagai layar utama atau LCD yang memiliki fungsi khusus untuk terhubung dengan power dan flexible.

Layar sentuh bisa terjadi kerusakan dari luar yang disebabkan oleh guncangan keras, tekanan yang berat, jatuh, dan terkena air. Sehingga kerusakan fisik tidak bisa terhindarkan. Bisa terjadi layar pecah, putih, bergaris atau eror. Sedangkan untuk kerusakan dari dalam diakibatkan karena pengaruh sistem smartphone yang sedang bekerja.

Sekarang Anda sudah mengenal lebih dekat mengenai layar sentuh pada smartphone Anda. Sehingga akan lebih paham lagi kerusakan atau eror dari touchscreen atau layar sentuh yang Anda miliki.

Inilah Cara Mengatasi Touchscreen Android Eror dan Bergerak Sendiri

1. Layar sentuh kotor

Tanpa disadari oleh Anda, biasanya ada kotoran atau noda yang membekas di layar. Ternyata hal tersebut membuat kinerja dari layar sentuh kurang baik. Memang bisa eror atau malah bergerak sendiri. Ini jangan dibiarkan, bisa-bisa pekerjaan Anda akan berantakan. Noda di layar biasanya karena tangan Anda ketika memegang smartphone masih kotor atau habis terkena lem atau benda lengket lainya, pasti itu akan meningalkan bekas di layar. Sudah tentu akan mempengaruhi layar Anda. Kebersihan layar harus senantiasa terjaga, agar tidak adanya gangguan selama memanfaatkannya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa membersihkannya dengan kain khusus untuk layar smartphone, yaitu kain microfiber. Kotoran atau noda akan bisa dibersihkan. Setelah layar Anda bersih, jangan lupa ketika memegang smartphone dalam keadaan tangan bersih. Jangan sampai kotor atau malah habis pegang lem, atau nantinya layar smartphone Anda akan eror atau bergerak sendiri.

2. Kapasitas RAM Penuh

Pasti awalnya Anda tidak menyangka, jika layar sentuh yang sering eror, bergerak sendiri, atau tidak responsif karena sudah rusak. Jangan sampai berpikir sangat jauh gitu ya, ternyata terjadinya eror pada layar sentuh tersebut karena kapasitas RAM dalam smartphone Anda sudah hampir habis (penuh). Persoalan megenai smartphone yang kehabisan RAM memang memiliki banyak masalah, seperti baterai cebat boros, smartphone panas dan smartphone banyak virus. Banyak sekali memang yang menyebabkan kerusakan ketika memori internal RAM tersebut penuh.

Banyaknya aplikasi yang diinstal hanya akan membuat performa dari smartphone Anda kurang maksimal. Sehingga lebih baiknya untuk segera mengatasi permasalahan tersebut. Pilihlah aplikasi yang dirasa kurang dibutuhkan atau sudah tidak dipakai. Kemudian hapus atau dengan cara uninstal aplikasi. Ini bertujuan agar RAM dalam smartphone Anda tidak penuh dan memiliki performa yang bagus juga bagi layar sentuh Anda. Segera dicoba ya, ternyata memang bisa diatasi permasalah layar sentuh yang sering eror dan bergerak sendiri.

3. Aktifkan Force GPU Reading

Banyak pengguna smartphone yang tidak pernah menelusuri kegunaan-kegunaan apa saja yang ada di dalam smartphone, sehingga cara mengatasi layar sentuh smartphone yang eror pun sering panik. Ternyata layar sentuh pun memiliki gangguan berupa sektor transisi yang buruk. Fungsi dari mengaktifkan Force GPU Reading untuk meringankan elemen layar agar tidak terlalu berat. Cara mengaturnya cukup mudah dan bisa diatasi oleh kalian langsung.

Untuk mengaktifkan fiturnya pun Anda harus pergi ke SettingDeveloper OptionsForce GPU Reading. Udah hanya itu saja, mudahkan cara mengaktifkannya. Silahkan dicoba ya.

4. Reset Smartphone

Cara ini hanya digunakan ketika keadaan layar smartphone Anda benar- benar tidak bisa difungsikan, tidak merespon atau tidak bergerak sama sekali. Ketika sudah diposisi tersebut, pasti yang Anda rasakan sangat bersedih dan semangat menurun, bisa-bisa depresi untuk segera mengurusnya ke dukun smartphone. Jangan khawatir, masih bisa disadarkan.

Ini hanya sebagai cara alternatif, yaitu dengan mereset smartphone Anda secara langsung. Jangan keburu berpikir yang kurang baik. Walaupun layar sudah tidak bisa diapa-apakan, namun dengan cara arternatif ini bisa. Berikut cara meresetnya, tekan tombol power dan volume (mengurangi) secara bersamaan – setelah muncul tampilan layar, baru tombol tersebut dilepaskan, perlu diperhatikan (tombol volume untuk menggerakan ke atas atau ke bawah dan power untuk memilih) – Pilih Factory Resert atau Pengaturan Pabrik – kemudian pilih Factory Reset – tunggu sampai proses selesai – layar akan kembali normal dan bisa digunakan kembali.

Setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, namun layar sentuh smartphone Anda masih eror. bergerak sendiri dan tidak bisa digunakan lagi. Anda wajib menggantinya. Ini biasa terjadi ketika smartphone Anda terkena air atau tekanan pada layar yang berat, sehingga dapat rusak walau pun layar sentuh masih terlihat mulus tanpa cacat. Langsung pergi dan wajib diganti atau Anda tidak bisa menggunakan smartphone kembali.

Semoga artikelĀ Cara Mengatasi Touchscreen Android Eror dan Bergerak Sendiri ini tidak mengecewakan Anda dan hasil yang dikerjakan benar-benar berhasil dan sukses. Terima kasih banyak kawan-kawan.

admin Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *