Cara Mengatasi Hp Android Sering Mati Sendiri

Cara Mengatasi Hp Android Sering Mati Sendiri – Di zaman modern ini, banyak kalangan anak muda bahkan orang tua menggunakan android sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Tapi, tahukah Anda bahwa android juga memiliki masa penyusutannya? Semua barang elektronik pasti mempunyai masa penyusutannya tidak terkecuali android yang Anda miliki. Semakin lama Anda memakai android semakin cepat juga android Anda bermasalah. Masalah yang sering terjadi adalah android yang tiba-tiba mati sendiri padahal baterai penuh.

Hal ini pasti membuat Anda kaget dan khawatir jika smartphone android Anda tidak bisa digunakan kembali. Dalam hal ini, yang pertama Anda lakukan adalah kendalikan kondisi Anda setenang mungkin dan jangan mengetok-ngetok ponsel apalagi memencet tombol power on. Hal ini tidak akan bekerja karena ponsel yang mati memiliki banyak penyebabnya. Untuk itu, Anda harus tahu penyebab dari android yang sering mati sendiri.

Misalnya bila Anda memakai android terlalu lama yang membuat ponsel Anda terlalu panas hal ini akan menyebabkan android Anda mati sendiri karena faktor kinerja dari hardware ponsel tersebut yang tidak diistirahatkan. Selain dari hardware ponsel penyebab lain bisa datang dari software android tersebut yang mengakibatkan android Anda mati sendiri.

Sebelum membahasa cara mengatasi hp android sering mati sendiri, Anda harus mengetahui penyebab android sering mati sendiri terlebih dahulu.

Berikut Penyebabnya Hp Android Sering Mati Sendiri

1. Sistem Android Rusak
Sistem android yang rusak karena hal tertentu mungkin karena Anda tidak sengaja menghapus file sistem sehingga membuat sistem android mengalami kerusakan dan terjadi mati sendiri.

2. Aplikasi Rusak
Android yang diinstal berbagai macam aplikasi membuat android terasa berat, apalagi jika file aplikasi tersebut tidak lengkap, rusak atau tidak compatible hal ini akan membuat sistem android menjadi eror sehingga membuat android Anda mengalami mati dengan sendirinya.

3. File Sampah Menumpuk
Saat menjalankan aplikasi atau membuka aplikasi dan beberapa dokumen yang ada di internet pasti akan memproduksi file sampah atau file cache yang berlangsung terus menerus. Kalau file sampah ini tidak Anda bersihkan akan menyebabkan android sering eror dan terjadi mati sendiri pada akhirnya.

4. Sistem Android Sudah di Root
Root merupakan salah satu cara untuk bisa mengakses sistem yang sebelumnya tidak bisa diakses dan bisa memasang game berat yang sebelumnya tidak bisa dipasang. Tapi hal ini justru akan mengganggu android Anda dan pada beberapa kasus dapat membua file eror dan android mati sendiri.

5. Android Overheat
Apabila Anda memakai android kalian secara terus menerus tanpa istirahat pasti android Anda mengalami panas yang berlebih (overheat). Panas yang berlebih ini biasanya terjadi pada baterai ponsel. Bila hal ini dibiarkan akan merambat ke hardware ponsel yang akan mengakibatkan android mati sendiri.

6. Overload pada CPU, RAM dan GPU
Bila ponsel Anda menginstal berbagai aplikasi dan aplikasi tersebut berjalan semuanya hal ini akan membuat hardware tidak kuat melakukan semuanya. Setiap android memiliki kemampuan yang berbeda-beda, untuk itu Anda harus bijak dan tidak memaksakan kehendak bila memang android Anda tidak mampu untuk melakukannya. Overload pada CPU, RAM dan GPU akan membuat android mati sendiri.

7. Terkena Virus Jahat
Anda kadang terkena virus dan segera pergi ke dokter untuk menyembuhkan virus yang menyerang Anda. sama halnya dengan ponsel yang dapat terkena virus jahat pada semua sistem operasi. Untuk mencegah hal ini Anda sebaiknya menggunakan antivirus yang handal untuk menghapus dan mencegah masuknya virus ke sistem android. Bila Anda tidak memasang antivirus, virus tersebut akan menyebar dan membuat android Anda mengalami mati dengan sendirinya.

8. Usia Ponsel sudah Tua
Ponsel yang Anda miliki itu memiliki masa kejayaannya. Mungkin saat Anda membelinya performa ponsel Anda masih prima tapi kalau sudah 3-4 tahun ponsel yang Anda banggakan akan mengalami penurunan dalam performanya dari hardware android Anda. artinya bila ponsel Anda sudah tidak seprima dulu janganlah menggunakannya terlalu keras dalam melakukan suatu hal.

Dari penyebab android sering mati di atas, tentunya Anda banyak penasaran. Jangan khawatir, admin akan segera membantu Anda untuk mengatsi persoalan yang mengenai hp android yang sering mati sendiri.

Bagaimana Cara Mengatasi Hp Android yang Sering Mati Sendirinya?

Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang harus Anda lakukan. Tentunya cara-cara ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel hp. Berikut cara mengatasinya:

1. Bersihkan File Sampah
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bila Anda tidak menghapus file sampah hal ini akan menyebabkan android anda lemot untuk itu Anda harus menghapus file sampah tersebut yaitu dengan menginstal aplikasi Clean Master maka semua file sampah akan terhapus. Cukup dengan sekali tap maka semua file junk, cache dan history akan bersih secara total.

2. Unroot Hp Android
Root memang baik untuk pengguna tapi tidak baik bagi android Anda, sama halnya Anda memaksa untuk android Anda bekerja lebih keras yang tidak sesuai dengan kapasitasnya. Untuk itu Anda harus meng-unroot android Anda agar bisa berjalan dengan normal kembali caranya dengan menggunakan aplikasi Unroot untuk menghaus rooted yang Anda lakukan.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Compatible
Aplikasi yang Anda install kemungkinan ada yang mengalami eror atau sering muncul pesan eror seperti force close. Hal ini menandakan bahwa aplikasi tersebut tidak compatible. Untuk itu Anda harus mengapusnya dengan masuk pada menu PengaturanAplikasi Semua, kemudia cari dan tap aplikasi yang ingin dihapus. Tap “Copot Pemasangan” untuk menguninstal aplikasi tersebut.

4. Pasang Antivirus
Bila android Anda sudah terserang virus sebaiknya Anda memasang antivirus agar virus tersebut tidak menyebar ke sistem android yang lain. Antivirus yang sering digunakan oleh para pengguna android yang termasuk terbaik adalah AVG, CM Security, AVAST Mobile Security, Bitdefender Antivirus Free, dan lainnya. Anda bisa mengunduh di Google Play Store dan memasang antivirus tersebut.

5. Reboot Android
Untuk mereboot android, Anda perlu mematikan android Anda lalu cabut baterai, SIM card dan Micro SD. Diamkan sebentar agar tidak ada daya yang masuk ke ponsel setelah itu pasang dan nyalakan kembali android Anda.

6. Factory Reset
Factory reset merupakan cara terakhir yang Anda gunakan bila cara-cara di atas tidak bisa mengatasi android sering mati sendiri. Yaitu dengan mengembalikan android ke kondisi semula, bila Anda menggunakan factory reset semua data yang ada di ponsel akan hilang untuk itu Anda harus membackup terlebih dahulu semua datanya. Setelah semua data terbackup langkah selanjutnya Anda masuk ke menu Pengaturan- Backup & Riset- Factory Reset, lalu tap “Reset Phone”.

Demikian penyebab dan cara mengatasi android sering mati sendiri. Untuk yang membaca artikel ini pasti Anda sudah mengalami android Anda yang mati dengan sendirinya. Bila belum mengalami android yang mati sendiri Anda harus betul-betul mengenali kapasitas ponsel Anda agar tidak terjadi masalah yang lebih serius. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

admin Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *