Cara Mudah Mengatasi Smartphone Oppo Lemot

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Oppo Lemot – Banyak hal yang bisa menyebabkan Smartphone Oppo sering lemot. Tentunya ada sudah menegenal betul seperti apa kualitas dari smartphone ini. Secanggih apappun barang elektronik, juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa diketahui.

Sebelumnya kita perlu mengenal smartphone canggih ini terlebih dahulu. Oppo merupakan brand smartphone yang sudah dikenali oleh banyak masyarakat di Indonesia. Tak sedikit masyarakatt yang memanfaatkan kecanggihan smartphone andrid ini. Selain itu, Oppo merupakan pabrikan dari negeri China yang sudah tersohor di sana. Setelah mampu menembus di pasar-pasar Internasional, Oppo bisa bebas dijual di Indonesia.Kehadirannya disambut positif oleh pengguna smartphone.

Setiap smartphone pastinya memiliki kekuangan dan kelebihan masing-masing. Begitu juga dengan smartphone Oppo yang memiliki permasalhan tiba-tiba menjadi lemot. Tentu saja kejadian ini memiliki tanda tanya besar bahwa ada kesalah yang mampu menyebabkan kejadian tersebut bisa terjadi.

Anda tidak perlu khwatir, walaupun smartphone Oppo Anda seperti itu, admin memiliki cara untuk mengatasinya.

Inilah yang Harus Dilakukan saat Smartphone Oppo Lemot

1. Pastikan Ruang Memori Internel (RAM) Penuh
Anda jangan sampai luput untuk melihat kapasitan penyimpanan internal smartphone Anda. Walaupun memiliki kapasital penyimpanan yang besar, contohnya mencapai 4 GB, Anda juga harus tetap menjaganya agar tidak terlalu penuh. Jangan gunakan semua space mempri yang ada. Hal tersebut bertujuan agar menstabilkan loading smartphone Anda saat dioperasikan. Menggunakan semua memori internal akanmemicu terjadinya waktu muat yang lama alias tidak wajar.

2. Siapkan Memori Eksternal yang Memadai
Ketika memiliki smartphone yang memiliki kamera bagus seperti oppo ini, pasti sering merekam video dan foto-foto. Selain itu smartphone kalian hanya memiliki memori yang sedikit dan malah menggunakan memori internal untuk menyimpan foto-foto atau dokumen kalian. Usahakan memanajemen yang baik. Jangan sampai Anda tidak menyediakan memori eksternal pada smartphone Anda. Atau nantinya smartphone Anda akan lemot sendiri.

Cara mengatasinya adalah, Anda harus bijak untuk memilah mana kebutuhan untuk memori internal dan mana untuk kebutuhan memori eksternal. Mudahnya ini, khusus untuk aplikasi yang ada di smartphone anda harus disimpan di memori internal. USahakan menggunakan aplikasi yang semampunya sesuai dengan smartphone anda. Untuk itu dokumen-dokumen besar lainnya kalo bisa disimpan pada memori eksternal. Cara ini untuk membuat penyimpanan menjadi lebih rapi dan tidak memicu penuhnya penyimpanan pada memopri internal. Selain itu memori internal bebas untuk dikeluarkan ketika ada dokumen penting yang harus dipindah.

3. Jangan Terlalu Banyak Aplikasi
Aplikasi yang ada di smartphone Anda terlalu banyak dan memiliki kapasital penyimpanan yang besar. Lebih baik anda harus memilah aplikasi mana yang sangat dibutuhkan dan tidak perlu digunakan. Persoalan ini memicu pada faktor nomor 1, yaitu ruang penyimpanan internal akan penuh. Cukup menggunakan aplikasi sebijaknya. Terutama untuk smartphone Oppo yang memiliki RAM kecil.

4. Hilangkan Aplikasi yang Tidak Kompatibel
Memiliki aplikasi banyak memang sudah menjadi kebiasaan pengguna smartphone dimana saja. Bisa pamer dan bergaya semaunya ketika memiliki aplikasi yang bagus, banyak, dan menarik. Namun setelah berlama-lama ternyata smartphone sering lemot. Perlu diketahui semakin banyak aplikasi yang digunakan maka akan semakin banyak juga permasalahan pada aplikasi tertentu.

Seperti halnya ketika Anda membuka aplikasi terlalu banyak, dan aplikai yang dibuka ada yang loading lama atau gagal beroperasi. Perlu dipahami, kejadian tersebut menandakan jika aplikasi di smartphone Anda sedang mengalami crash atau bermasalah. Periksa semua aplikasi, jika ada aplikasi yang eror atau tidak ingin berjalan, lebih baik anda unisntall dan menghapusnya. Jika dibiarkan hanya akan mempengaruhi performa dari smartphone Anda sendiri.

5. Format Memori Microsd Menggunakan Komputer
Ketika Anda sudah menggunkana langkah-langkah di atas, dan smartphone Anda masih lemot. Berarti ada yang salah dengan memori microsd di smartphone Anda. Yang harus Anda lakukan adalah memformatnya menggunakan komputer untuk bisa mengembalikan memori ersebut agar menjadi siap pakai. Sebelumnya pastikan melakukan backup data-data Anda terlebih dahulu sebelum melakukan format.

6. Factory Reset
Factory reset merupakan cara terakhir yang Anda gunakan bila cara-cara di atas tidak bisa mengatasi android sering mati sendiri. Yaitu dengan mengembalikan android ke kondisi semula, bila Anda menggunakan factory reset semua data yang ada di ponsel akan hilang untuk itu Anda harus membackup terlebih dahulu semua datanya. Setelah semua data terbackup langkah selanjutnya Anda masuk ke menu Pengaturan- Backup & Riset- Factory Reset, lalu tap “Reset Phone”.

Semoga permasalhan Smartphone Oppno yang tiba-tiba lemot bisa segera Anda atasi. Selain itu rajin-rajinlah untuk lebih peka terhadap smartphone Anda, agar bisa mengontrol dengan baik. Semoga artikel Cara Mudah Mengatasi Smartphone Oppo Lemot ini bisa menyelesaikan solusi Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

admin Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *